Membuat Website Jual Beli

membuat webiste

Saat ini membuat website sangat mudah dilakukan, bahkan tidak perlu lagi memahami bahasa pemrograman seperti PHP dan sebagainya untuk membuat website. Kenapa ? Karena saat ini kita bisa menggunakan Content Management System ( CMS ) untuk membuat sebuah website. Bisa dibilang cuma perlu upload dan install saja. Namun memahami bahasa pemrograman tentunya akan sangat membantu dalam hal pengaturan ( setup ) dan meng-custom website yang kita buat.

1. TENTUKAN APA YANG DIJUAL
Langkah pertama memutuskan produk untuk dijual secara online melalui internet, produk terbagi dua jenis yaitu Physical products & digital products.

2. MENGIDENTIFIKASI TARGET PASAR
Teliti & indentifikasi dimana pasar berada, kompetitor, strategi, desain website & eCommerce sistematis agar bisa mendapat pelanggan potensial.

Membuat Website Jual Beli

cara buat toko online shop

3. MENENTUKAN ECOMMERCE SOFTWARE
Pilihlah ecommerce software atau jasa pembuatan toko online di Internet, ketika salah pilih bisa berakibat fatal pada kebergunaan situs eCommerce.

4. MULAI MEMBANGUN TOKO ONLINE
Pilih & sesuaikan template design. Buat kategori produk lalu upload inventaris dengan penjelasan sebanyak mungkin kemudian atur pengiriman serta cara pembayaran.

5. BERIKLAN & MEMASARKAN
Setelah semua berjalan pasarkan website ke pelanggan potensial, system mendukung integrasi ke marketplace besar, Seacrh engine, social media.

6. BANGUNLAH TRUST
Pembeli lebih memilih membeli dari orang yang dipercaya. Kepercayaan Berbasis e commerce menunjukkan bagaimana kepercayaan antara pembeli & penjual dibuat.

setelah ke enam di atas sudah kamu lakukan,,selanjutnya persiapkan ke-5 hal ini

Hosting

Hosting merupakan sarana untuk menyimpan semua file yang telah di-upload ke toko online, yang telah terkoneksi dengan internet. Anda bisa menyewa layanan hosting melalui penyedia jasa web hosting yang mudah ditemukan di internet.

Harga sewa hosting pun bervariasi sesuai dengan spesifikasi dan ketangguhan server hosting yang kita pilih. Anda juga bisa memilih apakah menggunakan hosting dalam negeri atau pun hosting yang lokasi servernya berada di luar negeri.

Domain

Domain merupakan alamat toko online kita nantinya di internet, sekaligus juga menjadi nama dari toko online tersebut. Dengan memiliki domain, maka toko online tersebut akan bisa diakses oleh semua pengguna internet di seluruh dunia.

Domain juga harus dibayar secara periodik pada registrar dimana kita mendaftarkannya pertama kali. Untuk saat ini biaya sewa standar sebuah domain global (.com/.net/.org) dan domain lokal dalam negeri (.web.id, .co.id, dsb) adalah sekitar $5-$15 per tahun.

Script

Script yang dimaksud di sini adalah untuk membuat website toko online, atau biasa disebut juga CMS (Content Management System).

Beberapa yang biasanya paling banyak digunakan untuk toko online, karena alasan lebih mudah dan murah, adalah WordPress dan Prestashop.

Anda juga bisa menggunakan CMS blogspot.com yang gratis dengan ketangguhan yang tidak kalah dengan CMS lainnya.

Template

Template atau theme ini akan menjadi tampilan utama pada toko online kita nantinya. Dalam kata lain, template atau theme ini adalah cat dan model dari toko kita di dunia internet. Jadi, sedapat mungkin pilihlah yang paling keren, agar toko online kita bisa menarik perhatian para calon pembeli.

Materi website

setelah semuanya tersedia, kita tinggal mempersiapkan materi produk atau jasa yang akan ditawarkan, mulai dari gambar, penjelasan produk, harga, dan termasuk juga cara pemesanan atau pembeliannya. Semua materi itu nantinya akan di-upload ke toko online.

Membuat Website Jual Beli

4 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *